Thursday, October 13, 2011

Job Description!! and My Boss

Yap, semua orang pasti sudah tau apa itu job description. Kalau diartikan secara bodoh adalah deskripsi pekerjaan apa saja yang jadi tanggung jawab kita (red:menurut gue loh yah.. kalau ada salah2.. ya maap).. Nah, sejauh mana sih tanggung jawab kita dalam bekerja, apa hanya sebatas job description saja? Begini jawaban saya.

Diumur saya yang sudah 26 tahun jalan-jalan mau ke 27, Saya menyadari sesuatu setelah bekerja diperusahaan saya bekerja (sebuah perusahaan pelayaran terbesar ke tiga di dunia untuk chemical tankernya). Saya pekerja sebagai treasury analyst. Pada awalnya saya bekerja di b**, saya diterima di Business Development under GM Bussiness Development Asset Managment and Legal&Insurance. Baru sekitar 1 bulan disana, saya dijual kedepartemen lain yang membutuhkan orang dikarenakan posisinya urgently needed *lebay, padahal ditanya dl mau atau gak*. Dan tak ada pilihan, ya saya pindah. Okay, my boss (KT) is GM Finance and Treasury, at first He didn't give me any job desc, and he gave me some advices and i used it when i work here. eh kok jadi bahasa inggris yah. (1) ketika kamu ga tahu/ga ngerti/ga yakin, kamu tanya. Jangan berandai-andai. (2) Kalau ada pertanyaan, Kamu tanya. Jangan beropini. (3) Kalau kamu ada sesuatu, bilang. Jangan diem-diem aja. Oke boss *jawaban dalam hati*

Sekarang saya sudah bekerja selama 22 bulan (1 tahun 10 bulan). Banyak hal yang saya pelajari selama bekerja dan punya bos Pak KT. FYI, dia adalah idola saya dalam bekerja :
1. Bekerja dengan speed yang cepat.
2. Kalau tidak tahu, tanya. But do not ask silly question
3. Waktu mau tanya, pikir baik-baik, "harus ga gua tanya ini ke bos? Apa i have to dig deeper  for my question" - Kejadiannya adalah : Waktu saya mentok akan suatu hal, saya tanya ke si bos, dan jawaban dia adalah Semua ada kok di agreement. Dalam hati again "oke deh".. hehehe...
4. Tidak pernah mendikte bawahannya dalam mengerjakan sesuatu
5. Semua informasi keluar dari atasan. Atau kalau dapat approve untuk kirim dokumen ke luar, baru deh.
6. Bekerja multi taskin - Kerjaannya kadang bertubi-tubi bok..
7. Tidak pernah mengeluh akan kerjaannya. Kalau cukup berat, sepertinya dia hanya menghela nafas.. :D
8. He's so damn smart. Dapet bocoran nieh, dia cumlauuud di 2 universitas tempat di sekolah (UnBraw Elektro dan Prasmul - Finance). Ohh.. this explain all his behavior. He knows everything... He understands about legal, finance, accounting, marketing, all calcultion. So, when i have calculate something or make projection about something, i did it myself. Kalau mentok baruuu deh tanya... Kalau bisa ga nanya, ga nanya deh. Tapi hasilnya minta di cek bos.
9. Melanjutkan no.8, kadang dia tidak memberitahu salah dimana... Jadi harus cari sendiri... ---> menjadi pribadi yang teliti.. hahahak *ketus*
10. Kata-katanya cukup tajam, Jadi ketika dia menanyakan sesuatu we have to be ready for answers. Sometimes he asks many queastions at one time.. *elus-elus otak*
11. He dont have job description, and he told me he doesnt have jobdesc for me. So everything that he order, than it becomes my job desc.
12. When attending a meeting, he could answers all bankers's question...
13. He gaves me many works that sometimes i dont know what it is.. But i am a good learner, so happy... walaupun tertekan sometimes..

Yah basically, I learn many things from my boss and my work. And i became a better personality. Actually tougher and smarter.. Walaupun dia kalau ngmg suka nyeplak, tapi he's a good boss..

Yah Walaupun saya tidak punya jobdesc yang baku akan jabatan saya ini, Saya rasa ini seperti playground yang sangat luas. Many places to explore, many things to learn, many things to see.. Job Des hanya minimum requirement dari apa yang harus kita kerjakan. Jadi
ketika kamu disuruh bos mengerjakan perkerjaan yang bukan job desc mu, anggap saja itu suatu pembelajaran tambahan dimana kamu dibutuhkan untuk mengembangkan diri untuk solve suatu kerjaan. Sepertinya itu bagus bukan buat kemajuan diri sendiri. Kalau semakin banyak yang kita kerjakan, semakin percaya bos sama kita, mungkin akan ada sesuatu yang baik disana. Bukannya mengharpkan sesuatu ITU. tapi... Hidup tuh adil kok. Selama kita berbuat maksimal di lingkungan kita, kita pasti akan dapat manfaat nya... :) Bekerja dengan hati, dan jangan pernah setengah-setengah..

cheers.

No comments:

Post a Comment