Monday, August 8, 2011

Berbagi dengan Sesama bersama ShoeBoxProject, Rasanya Nikmat

Hai hai... Minggu, 7 Agustus 2011 saya mengikuti #ShoeBoxProject9 yang dicanangkan oleh @beriozka. Saya @nandasakuntala bersama kedua teman saya @rinintapradhani dan @dedeandya pergi ke daerah Bukit Duri. Nama tempatnya adalah PANTI ASUHAN ANAK JALANAN &YATIM PIATU ANNUR MUHIYAM. Awalnya kita berkumpul di Pasfes, baru setelah itu kita berangkat bersama ke daerah pantinya. Kebetulan sekali saya familiar dengan daerah Bukit Duri, karena SMA saya terletak di dekat PJKA(Kalo sekarang jadi KAI). Dan sma yang notabennya pasti kebanjiran kalau hujan turun deras dan tak henti. Nasib ya nasib. 

Setalah kami berkumpul disana, saya melihat sebuah rumah yang lumayan lah ukurannya. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Disana saya melihat anak-anak sudah duduk rapi, di depannya ada panggung kecil (bisa dibilang panggung lah) yang lengkap dengan alat musik seperti drum, gitar, dll.
 Lalu setelah kami masuk ke tempat panti tersebut, kami duduk lesehan di bawah. Tak lama mereka memberikan persembahan beberapa lagu ciptaan anak jalanan yang kerjaan sehari-harinya adalah mengamen. Sepenggal lirik yang saya ingat adalah "Kami juga ingin seperti anda, Bisa sekolah di luar negeri. Kami juga ingin seperti anda, bisa duduk di bangku DPR... ". Suara si penyanyi lumayan enak dan jago juga main Ukulele (gitar kecil). Terharu juga saya melihat mereka tetap bahagia di atas segala kekurangan yang mereka hadapi. Berikut foto mereka..
Para Penyanyi Jalanan
Oia, saya belum cerita yah #ShoeBoxProject9 kali ini tuh ngapain. Jadi @beriozka mengumpulkan para sukeralawan untuk turut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan yaitu mengedukasi para anak panti untuk sikat gigi. Kenapa sikat gigi? Karena dengan bersikat gigi kita melakukan cara termudah untuk mencegah penyakit. Setelah diedukasi, para anak diperiksa kebersihan giginya dan dicatat. Mereka juga diberikan informasi-informasi yang berguna untuk menjaga kebersihan gigi mereka, seperti sikat gigi dua kali sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur.

Andhika diperiksa drg Dita. Katanya bersih banget giginya.. Sikat gigi 3x sehari
Nanti dokter gigi tersebut akan datang ke panti secara berkala untuk memeriksakan gigi mereka dan melihat perkembangannya.. Setelah diedukasi, mereka mempraktekan cara sikat gigi yang benar. Dari mana alat-alat yang mereka pakai? Jadi para sukarelawan diharuskan untuk membawa 1 gayung, 1 Sikat gigi ukuran medium dan 1 Odol 75 gram. Dan dibagikan kepada para anak panti.

Bersama anak-anak : Saiful dan Andhika.. nurut2 deh anaknya...
Setelah mereka paham cara bersikat gigi, kita semua berkumpul lagi untuk berbincang-bincang. Sambil menunggu, ada beberapa anak panti yang ditugaskan untuk membuat sablonan di kaos yang telah disediakan, yang nantinya akan dilelang ke kami dengan harga @ Rp. 20.000. Alhamdulillah saya dapat satu.. Itu  juga pakai teriak-teriak. hehehe.. Hasil lelang kaos akan disumbangkan untuk kas panti.

Akhirnya sampai juga saat berbuka. Kami para sukarelawan bertanggung jawab untuk mengambilkan Tajil dan makanan untuk buka anak yang sudah dititipkan kepada kami. Sepuluh menit sebelum buka, saya menyiapkan makanan dan menyuruh anak-anak jangan kemana-mana. Akhirnya adzan maghrib tiba, saya bagikan makanan ke mereka. Saatnya melepas dahaga dengan tajil dan makanan kotak. Terlihat kebahagiaan anak-anak yang bisa makan enak. Tidak seberapa uang yang dikeluarkan, tapi luar biasa rasa bahagia yang kita rasakan. Indahnya berbagi indahnya kebersamaan. :)

Setelah buka, kegiatan terakhir kami adalah solat Maghrib dan lelang baju. Berakhirlah rangkaian acara #ShoeBoxProject9 kali ini. Kami bertiga pamit kepada para relawan dan anak-anak.

@dedeandya dengan anak panti

@rinintapradhani dengan 2 anak panti
Demikianlah saya berbagi pengalaman bersama tim #ShoeBoxProject9...Semoga besok-besok bisa berlanjut ya... Jangan lupa untuk selalu berbagi. Kita tidak akan kekurangan kok dengan menyisihkan sebagian rezeki kita.. :)

Salam..
@nandasakuntala

No comments:

Post a Comment